Gadget

Review Smartphone Vivo Y21 Bagian 1

di foto dengan vivo y21
di foto dengan vivo y21.

Kualitas Pengerjaan, Display, Baterai, Audio, dan Kamera.

VIVO Y21 tidak memecahkan rekor apa-apa. Juga tidak menarik banyak perhatian masa. Kehadirannya tidak terasa. Lenyap di tengah promo OPPO F1 yang membahana, ataupun Meizu M2 yang mempesona. Lagipula, siapa yang mau meminang Smartphone seharga 1,5 juta yang memiliki RAM 1 Giga saja?

Bahkan bila kita teliti spesifikasinya lebih detil, Vivo Y21 akan nampak seperti barang yang kelebihan harga. Prosesor Empat Inti Mediatek 6580 yang masing-masing berkecepatan 1,3GHz. Bentangan layar 4.5 inchi dengan kerapatan piksel yang “hanya” 218ppi (854 x 480 piksel). Kamera belakang yang sekadar 5MP. Jaringan belum sampai 4G LTE.

Benarkah begitu?

Coba saja lirik si cantik Meizu M2. Konfigurasi Ram 2GB Rom 16GB. Kamera belakang 13MP, depan 5MP. Layar HD 5 inchi dengan kerapatan mencapai 294ppi. Bahkan jaringannya mendukung 4G LTE !

Harganya? Sama-sama 1,5 juta! Tidak adakah ruang bagi Vivo Y21 untuk bersinar?

***

Spesifikasi Utama

Layar 4.5″ 854 x 480 piksel | Kamera 5 & 2 MP | Chipset 1.3GHz MT6580 | RAM 1GB  | ROM 16GB | Baterai 1900mAh | Android 5.1 |

Desain dan Kualitas Pengerjaan

Vivo Y21 memiliki garis desain yang biasa saja. Tapi, tidak meniru siapa-siapa. Ujung-ujungnya melengkung membuatnya nyaman digenggam. Sisinya dipermanis dengan balutan chrome. Sisi bagian depan juga begitu: ada Chrome yang mengelilingi. Ditambah dengan tulisan Vivo dan warna tombol yang senada.

Dengan tebal 0,92 cm Vivo Y21 tentu kalah seksi dari handphone-handphone masa kini yang kian menipis. Tapi, ia sama sekali tidak terasa gempal saat digenggam. Ukuran 0,92 cm ada pada bagian tergemuknya. Bagian belakang Vivo Y21 melengkung, bagian sisinya sendiri tidak setebal itu. Di tambah lagi, ada pemisah antara layar bagian depan dengan bodi belakang. Menjadikannya seperti kartu yang bertumpuk.

Tingginya sekitar 13 cm, lebarnya 6,6 cm. Operasi satu tangan tidak menjadi masalah. Jempol saya dengan mudah dapat menggapai bagian atas juga samping kiri kanan bodinya itu. Bagian bawahnya melengkung, seperti memiliki dagu. Ini membuat tepian bawah yang sebenarnya tebal menjadi terksesan kecil. Nilai estetika bertambah, kenyamanan tetap terjaga. Cerdas!

Bodi Vivo Y21 sepenuhnya plastik. Entah chrome dibagian sisi itu plastik juga atau metal asli. Warnanya putih, mengkilap. Terksesan lebih elegan atau malah murahan? Apapun itu saya bisa pastikan kualitas bahan yang digunakan tidak murahan. Saat menggenggam Vivo Y21 kita tidak akan merasa ini barang murahan. Kukuh. Rapat. “Ternyata berat”, kesan teman-teman saya yang sudah memegangnya. Berat dalam arti yang positif, kata mereka.

Bagian belakang Vivo Y21 dapat dibuka. Di sana terdapat baterai berkapasitas 1900mAh. Dua slot untuk Sim Card berukuran mikro. Juga slot khusus Micro SD yang dapat digunakan hingga kapasitas 128GB.

 

Display

Semenjak dibuka dari kotak, Vivo Y21 sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung tambahan untuk layarnya. Bukan dari Gorilla sih, tapi pelindung berbahan plastik biasa, yang kini sudah mulai tergores di sana-sini.

Bentangan layar 4,5 inchi pada Vivo Y21 beresolusi 854 x 480 piksel. Kerapatannya hanya 218ppi seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Tidak sejernih layar HD 720p. Tapi, apakah itu buruk? Buat sebagian orang iya. Buat saya? Tidak sama sekali. Karena selain kerapatan piksel, ada faktor lain yang harus dipertimbangkan: Tingkat kecerahan, keakuratan warna, dan keluasan sudut pandang.

Saya tidak tahu berapa nits tingkat kecerahan layar yang dimiliki Vivo Y21, tapi ia pede menantang matahari. Terdapat fitur pengaturan kecerahan otomatis. Membuatnya cepat menyesuaikan kondisi cahaya sekitar.

Akurasi warnanya? Bagaimana mengukurnya ya? Yang dapat saya katakan, keluaran warnanya baik. Seperti aslinya. Putih ya putih, bukan krem kecoklat-coklatan seperti pada Nokia Lumia 520. Hitam-nya hitam? Sepertinya tidak. Tidak sekelam Lumia 620 yang berteknologi Clear Black Display besutan Nokia itu.

Sudut pandangnya baik. Dilihat dari sisi manapun juga tidak terjadi gradasi warna. Layarnya juga sensitif. Tidak perlu tenaga untuk mengoperasikannya. Rasanya lebih sensitif jika dibandingkan dengan Lenovo A2010.

 

Baterai

Baterai berkapasitas 1900mAh menjadi sumber daya utama Vivo Y21. Kecil untuk ukuran saat ini. Meski begitu jarang sekali saya mengisi ulang baterai itu berkali-kali dalam sehari. Gambarannya begini. Saya berangkat jam 6, cabut pengisian daya. Kira-kira terisi 80%. Pemakaian seharian dengan jaringan data dinyalakan, telpon, browsing, whasapp, main game, foto-foto, berkirim email, dan sebagainya. Hingga saya pulang ke rumah, sekitar jam 7 malam, maka indikator baterai masih bersisa sekitar 10%.

Mengesankan?

Apalagi bila jaringan data diganti dengan jaringan WiFi. Vivo Y21 dapat bertahan hingga besok paginya! Kemudian, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterainya hingga penuh? Lama kang, bisa 2 jam lebih !

Kok lama sekali?

Setelah saya perhatikan masa pengisian baterai Vivo Y21 ini tidak seragam. Misalkan kondisi baterai sudah di bawah 8%, kemudian isi ulang, maka dalam waktu 1 jam akan terisi sekitar 78%. Normal, karena daya yang dikeluarkan oleh catu daya bawaan adalah 5V dan 1A. Nah, untuk mencapai hingga 100% itu butuh waktu sekitar 1 jam lagi.

Masalah?

Tidak juga. Bagi handphone-handphone yang sudah dilengkapi fitur fast charging juga mengalami siklus yang sama. Hanya dipercepat. Fase satu mungkin hanya ditempuh dalam waktu 30 menit. Fase 2 yang mengisi sisa 20-30% itu bisa memakan waktu yang sama dengan fase pertama tadi.

Sok tau deh, padahal belum membersamai hp-hp itu.

Pernah mengalami saat-saat kritis? Saat dimana baterai hp tersisa hanya 10% tapi tidak membawa cadangan, baik powerbank ataupun baterai serep? Masuk saja ke mode Super Saver. Mode ini akan mematikan segala sesuatu, kecuali: jaringan telepon, sms, dan alarm. Fitur ini efektif, saya pernah meng-aktifkan fitur ini ketika baterai tinggal 7%, lalu ditelpon berkali-kali, hp sama sekali tidak mati.

Super saver ini bisa digunakan kapan saja. Sangat berguna, apalagi saat melakukan perjalanan dengan motor. Biasanya saya masuk ke mode ini. Perjalanan selama 2 jam lebih hanya mengurangi kapasitas baterai 1%. Begitu juga saat ingin tidur, hp masuk ke mode ini. Besok paginya sama, kapasitas yang berkurang hanya 1%.

Audio

Bila menghidupkan Vivo Y21, kita akan disambut dengan ucapan “Vivo Hi-Fi & Smart”. Vivo nampaknya ingin menancapkan kesan bahwa perangkatnya tidak main-main dengan sektor audio. Bagaimana kenyataanya?

Kita mulai dengan hal yang terlihat. Pengeras suara Vivo Y21 terletak di bagian belakang. Dua baris. Bila kita buka maka akan terlihat jajaran lubang-lubang kecil tempat keluarnya suara. Kecil ukurannya. Begitu juga dengan keluaran suaranya. Tidak menggelegar. Biasa saja. Cukup untuk mendegar suara telepon ataupun notifikasi lain yang masuk.

Vivo Y21 dilengkapi dengan earphone di dalam kotaknya. Putih warnanya. Bukan tipe yang ada karet penyumbatnya. Saya coba mendengarkan musik melalui earphone ini. Saya copot, saya ganti dengan earphone bawaan Nokia Lumia 620. Hasilnya? Lebih enak milik Vivo Y21. Lebih luas suaranya, lebih bersih. Tapi, tetap kelas earphone bawaan sih, tidak bisa dikatakan bagus-bagus amat.

Yang menarik adalah fitur tersembunyi pada aplikasi pemutar musik bawaan “i Music”, begitu Vivo menyebutnya. Masuk ke i Music lalu tekan tombol menu (kiri bawah) maka akan muncul pilihan: Scan, Sleep Mode, dan Setting.

Scan untuk melakukan pembaruan musik-musik yang kita masukkan. Sleep Mode adalah fitur pengantar tidur. Di sini kita bisa mengatur berapa lama musik berputar. Bila mencapai waktunya, maka musik dan handphone akan mati sendiri. Jadi, tidak perlu khawatir bila tiba-tiba kita ketiduran saat mendengarkan musik.

Yang terakhir adalah Setting. Di sini kita bisa melakukan pengaturan terhadap efek suara yang keluar. Hanya bekerja bila earphone dipasang. Ada beberapa profil earphone yang dapat dipilih. Atau mau mengaturnya sendiri juga bisa. Jujur, saya sih tidak mengerti hal-hal beginian. Tapi, menarik juga untuk bahan utak-atik.

Kamera

Vivo Y21 dipersenjatai dengan dua kamera. Tidak ada yang spektakuler, 5MP dibagian belakang dengan lensa berdiafragma f/2.8 ditemani sebuah lampu led dan 2MP dibagian depan dengan lensa berdiafragma f/2.4. Entah sensornya sebesar apa. Hasilnya? Sabar, kita telisik proses pengambilan gambarnya terlebih dahulu.

Tampilan antar muka kamera Vivo Y21 sangat sederhana. Geser ke kanan maka tampilan nilai 0-100 akan muncul. Face beauty namanya, fitur ini tentu mengincar mereka-mereka yang ingin terlihat lebih di fotonya. Banyak filter juga. Setelah kamera berhasil mendeteksi wajah, langkah selanjutnya adalah mengatur tingkat kecantikan se-mau kita (eh kamu kali ya). Dahsyat deh, tidak perlu perlu dandan!

Geser ke kiri maka kamera akan berubah menjadi alat perekam. Resolusi yang dihasilkan perekam ini mentok di HD 720P. Menariknya ada mode video profesional juga. Dengan mode ini selama merekam kita bisa mengatur exposure, zoom, ataupun fokus yang diinginkan. Hebat!

Bila kita menekan ikon titik tiga di pojok kanan atas, maka berbagai fitur kamera tersaji. HDR untuk mengambil gambar dengan tingkat pencahayaan yang sangat beragam (misal mengambil gambar menantang matahari/ sumber cahaya). Panorama untuk mengambil gambar lebih panjang dari biasanya. Children untuk mengambil gambar anak-anak. Vivo mengerti mengambil foto seorang bocah menghadap kamera sangat sulit, maka mode children dihadirkan. Di mode ini sudah tersedia berbagai suara hewan, senjata, kereta, atau suara bayi itu sendiri. Kita tinggal pilih maka suara akan muncul. Seketika suara muncul diharapkan si bocah tadi menengok, terus langsung deh jpret!

Mode berikutnya adalah Kamera Profesional. Seperti pada mode Video Profesional, mode kamera profesional ini menghadirkan tingkat pengaturan yang luar biasa. Persis seperti Lumia! Ini yang membuat saya jatuh hati pada Vivo Y21.

Memasuki mode profesional maka kita bisa mengatur hampir segalanya: Exposure value, ISO, Shutter Speed, White Balance, dan Focus. Tidak bisa mengatur Aperture tentunya. Bingung?

Mudahnya begini, ISO harus serendah mungkin untuk mendapatkan gambar yang jernih. ISO terendah yang dapat diatur di sini adalah 100 sedangkan tertingginya 1600. Loh, kalau ISO serendah mungkin buat apa ada ISO tinggi? Karena ISO rendah punya kendala: sangat lambat, hanya dapat dieksekusi jika objek terpapar cahaya dengan baik. Bila cahaya redup dan kita ingin memotret objek bergerak naikkan ISO-nya. Tentu ada harga yang harus di bayar: gambar menjadi bintik-bintik. Kalau objek diam? Jangan naikkan ISO, tapi naikkan shutter speed-nya !

Shutter speed atau kecepatan rana pada mode ini paling lambat adalah 1 detik. Tidak sampai 16 detik pada Vivo Y35 (atau X2S atau Y31, lupa..hahaha) yang sempat saya coba waktu itu. Kalau begitu pasang saja kecepatan rana rendah terus menerus. Tidak bisa juga, kecepatan rana rendah adalah teman baik gambar blur ataupun ghosting. 

Jadi harus bagaimana dong?

Di sinilah mode profesional Vivo Y21 berperan. Ia bisa memainkan mode P atau Tv (atau S pada kamera Nikon) selayaknya kamera DSLR . Mode P adalah kita merubah-rubah ISO, sehingga kamera menyesuaikan kecepatan rana yang dirasa tepat. Mode Tv adalah kita merubah-rubah kecepatan rana, ISO mengikuti. Ingin mengontrol semua alias manual? Juga bisa, asyiknya exposure value juga ikut berubah, jadi kita tahu gambar ini sudah pas atau belum pencahayaannya.

Tidak, tidak… kita tidak akan menemukan huruf P, Tv, Av, atau sejenisnya. Itu hanya ilustrasi saja. Prinsipnya tetap sama.

Ok. Ok … saya tidak akan bertele-tele lagi. Oh iya, satu yang belum, Vivo Y21 ini dilengkapi dengan auto fokus. Kecepatan fokusnya? Cukup cepat. Meski tidak instan. Apalagi bila cahaya redup, semakin sulit mengambil fokusnya. Tapi, nanti lampu led dari kamera biasanya menyala untuk membantu fokus.

Hasil Jepretan Kamera Belakang (tanpa sentuhan apapun).

Hasil-hasil lainnya dapat dilihat pada tulisan saya ini. Atau Di sini dan sini untuk yang telah mengalami sentuhan.

***

Tanpa terasa sudah 1700 kata lebih saya tulis. Tulisan terpanjang yang pernah saya buat dalam satu halaman. Agar lebih nyaman. Saya akan melanjutkan di halaman lain untuk mengulas tentang Funtouch OS, alias Android 5.1 rasa Vivo. Juga tentang Performa, sekaligus kata pamungkasnya.

Sementara sekian dulu kang. Semoga bermanfaat.

Silahkan cek di sini untuk bagian dua

 

Salam

diki septerian

Iklan

157 tanggapan untuk “Review Smartphone Vivo Y21 Bagian 1”

  1. mas, Y21 saya buat memfoto objek di siang hari kok tampilannya klihatan buram dan pecah ya?? pdhl pas baru beli dicoba bening banget, saya pakek baru seminggu .
    itu knpa ya mas?? sblm memfoto apa harus di setting manual dulu??

    1. coba cek detil fotonya kang,
      ISO nya berapa? Shuter Speed-nya berapa.

      ISO kalau terlalu tinggi, gambar banyak bintik-bintiknya. Gambar paling jernih kalau ISO nya 100.

      Shutter speed kalau terlalu rendah, bisa jadi objeknya akan buram. Apalagi kalau objek nya itu bergerak.
      Shutter speed yang aman untuk memotret orang dengan HP sekitar 1/80. Lebih bagus di atas itu, 1/100, 1/125, dst.

      Nah, kalau shutter speed di gambar tadi sekadar 1/30 atau bahkan lebih rendah lagi, 1/15, 1/5, bahkan sampai 1″ (1 detik artinya), gambar sangat mudah menjadi buram.

      apakah harus set manual?
      Enaknya begitu.. tapi sebelum itu, kasih tau ISO dan Shutter speed-nya dulu ya.

      terima kasih sudah berkungjung 🙂

  2. Gan,HP vivo y51 layar depan ada lampu led kedipnya gk sih soalnya penasaran dstu ad camera, speaker n yg satu it apa..? Low ada ksih tw cara mngaktifkan lampu led depan it.. Mksh gan..

  3. Terimakasih yaa bang.. saya mau beli hp .. cuma masih ragu.. nah sekarang saya sudah yakin untuk membeli hp Vivo Y21.. Terimakasih yaa bang.. (Y) 😀 🙂

  4. mas , tadi saya salah tindis dipengaturan saya kasih aktif betalk ,setelah sa saya kasih tidak aktif langsung tidak bisami ,tiap kali kita tekan tombol apapun itu dia bersuara ,kalau layar terkunci dia bersuara ,,layar terkunci,, begitu-begitu seterusnya mohon balasannya

    1. Mohon maaf ada kata kata yang saya tidak paham. Apa maksudnya tidak ingin ada suara saat menekan apapun? Juga saat layar terkunci?

      Kalau iya, bisa masuk lagi ke pengaturan>suara>lihat 5 pilihan yang paling bawah:

      Nada sentuh keypad, suara sentuh, suara kunci layar, bunyi pesan terkirim, umpan balik sentuh.

      Matikan semua.

      Kalau hanya tidak ingin ada bunyi setiap menekan tombol apapun dan ketika mematikan layar, cukup matikan suara sentuh(touch sound) dan suara kunci layar (screen lock sound).

      Apakah begitu?

  5. bukan ,tdi subuh saya salah tindis yang tulisan beetal saya kasih aktif itu ,terus saya kasih kembali kelayar awal , tiba-tiba sudah sudah tidak bisami di geser terus kalo ada yang memanggil,dia bersuara ,,ada yang memanggil,, saya angkat tidak bisa,terus dia bersuara lagi,, satu panggilan tak terjawab dari nomor blabla,,terus kalo layar terkunci dia bersuara lagi layar terkunci,begitu,begitu seterusnya setiap kita tekan apapun itu dia bersuara

  6. Kang, tombol boot ulang memangnya untuk mereset memory ya? Saya coba waktu itu, karena saya pikir fungsinya hanya merestrart hp saja. Tp setelah saya tekan dan terestart ternyata data2 di memory external saya hilang (tp anehnya ga semua ilang, sisa 2-3 file, dan internal ga ada yg ke reset, apps jg normal). Itu memang spt itu ya, kang?apa memori sayanya yg rusak? Nah, tombol boot ulang yg ngambil ukuran lumayan gede disamping tombol daya mati jg cukup menganggu nih, takut2 kepencet. Serem jadinya.

      1. Iyaa reboot. Punya akang direboot normal2 aje kan? Lha kok saya hilang ya. Setau saya sih ngga, tp terakhir memori emg kemasuk virus gitu dr pc apa grgr itu? Pas nyoba balikin file eh malah gakuat dan memorinya (kayanya) rusak beneran 😥 ada cara ampuh ga kang biar data bisa balik lg?

      2. Dulu saya selalu berhasil pake cara ini kalau flashdisk kena virus dan data-data “disembunyikan” sama virus itu:

        1. Masuk ke commandpromt (cmd.exe, dari desktop tekan tombol windows+r> ketik cmd).
        2. Lihat memori ada di drive apa, misal f. berarti ketik f: terus enter.
        3. setelah itu ketik attrib -s -h -r /s /d. enter
        4. tunggu… kemudian balik ke drive tempat memori tadi.

        Bila berhasil, maka file-file tadi akan terlihat lagi.

        semoga bisa ya 🙂

  7. Mas di y21 itu ada led notifikasi nya? Klo ada gimana cara pengaturannya?
    Dan saya juga pas baca bagian 2 ada penjelasan yang katanya notif w.a hanya tanda merah tapi di hp saya ada angkanya kok mas 😊

    1. Coba gerakan jempol dari bawah ke atas… Nanti muncul icon game yang lagi di mainkan. Terus buang dia dengan cara geser ke atas.

      Atau biasanya game kan landscape layarnya, di jempol kanan biasanya ada tanda panah kecil, Geser dia ke arah kiri. Fungsinya sama seperti geser ke atas tadi.

      Semoga membantu 🙂

  8. Gan mau nanya,ngatur font biar agak gedean di vivo y51 gimn yaa?

    Trus kan saya bru bli hp 3 hri dan udah ada pemberitahuan sistem (funtouch os)
    Itu klo kita perbarui ada yg ke apus nggak??

    1. Wah saya belum tahu kalau vivo y51.. Kalau di y21 sih masuk ke i theme terus pilih mix match>font

      Bagus dong kalau ada pembaruan. Data 2 nggak akan ke hapus.

      Yang warna apa y51 nya? Hehehe.. Kepo 🙂

      1. Warna putih gan

        Gan kokk sekrang klo ngetik agak lemot yaa?? Pdhl bru diperbarui dan bru bli 4 hri

  9. Mas, mau tanyaa kok di hp vivo saya kallo abiss dimatiin sukaa keluar tulisan fastboot trusa layarnyaa cumaa item gitu aja gak bisaa diapa apain, itu knpa yah? Di copot batre paksa trus diidupin lg baru bisaa normal

  10. Vivo Y21. Emng mode fastboot itu untuk apa yah,? hpnyaa itu jd seperti kayak nge hang gituu gak mau masuk ke menu.jd cabut baterai paksa Trus teken tombol poweer baru mau lg.

  11. gan, bsa bantu kasih info cara mengaktifkan pengetikan otomatis hanya dengan suara, tapi bukan dengan menggunakan google voice?

  12. Mas mau tanya kenapa vivo y21 tiba tiba tidak muncul suara seperti suara musik, video, notif masuk. Terakhir hpmya jatuh pas di ces

    1. Dalam posisi lanskap (tidur/miring), Geser jempol kiri ke atas supaya gambar lebih terang, ke bawah sebaliknya. Geser jempol kanan ke atas/bawah untuk atur volume.

      Gembok kalau terbuka artinya pengaturan tadi bisa dilakukan, kalau terkunci artinya tidak bisa melakukan perubahan. Buka tutup gembok cukup dengan mengeklik nya.

      Kira2 begitu 🙂

  13. slamat malam kang, mau tanya knapa vivo y21 saya jaringan internetnya susah ya? tdk bisa full pdahal jaringanya H+, kok hanya data jaringannya 0,7 – 1,5 sja. . minta infonya kang. trimakasih

  14. Kang. Saya ada masalah dengan kunci layar nih. Saya menggunakan kata sandi di hp saya, nah masalahnya kenapa ngga bisa di kembalikan ke semula, maksudnya saya ingin kunci layar yg normal krmbali. Sebelumnya terimakasih ata jawabanya

  15. Nah seharusnya emg kebuka pilihan. Tapi yg saya pilihan “tidak satupun” dan “geser” malah transfaran atau ngga bisa dipilih..

      1. Saya juga ngalamin hal itu, pengaturan kuncinya gak bisa di atur ke pengaturan awal, sudah coba berkali2 sesuai petunjuk manual tetep aja gak bisa

      2. Sudah dibantu jawab kang jaka di review bagian satunya lagi :

        Kang diki, tentang mengembalikan kunci layar seperti semula Udh ketemu nih saya ulik sendiri. Heheh. Masuk pengaturan > keamanan> hapus kredensial> klik hapus>masuk kunci layar, pilihan nya udh visa do pilih semua. Hehe semoga bermanfaat bagi yg mengalami hal seperti in I,

  16. Kang diki, tentang mengembalikan kunci layar seperti semula Udh ketemu nih saya ulik sendiri. Heheh. Masuk pengaturan > keamanan> hapus kredensial> klik hapus>masuk kunci layar, pilihan nya udh visa do pilih semua. Hehe semoga bermanfaat bagi yg mengalami hal seperti in I,

  17. Kang mw tanya klo lagi mutar mp3 pake headphone baru 1 lagu udah otomatis mati.
    Klo di klik bru nyala lagi.
    Biar otomatis jalan terus gmna ya walaupun layar gk padam
    Hp vivo21

  18. Mau tanya dong .. Gimana sih cara ganti “nama panggilan” di screen lock ? Udh bongkar sanasini tapi gk nemu” .. Mohon bantuannya 😊

    1. Seperti biasa. Koneksi internet, tunggu, terus pasang. Saya nggak tau pasti kenapa, mungkin storage nggak cukup? Atau saat verifikasi jaringan nggak ada, atau unduhannya kurang lengkap. Bisa juga baterai/Power kurang.

      Mungkin yaa…
      Atau sudah selesai masalahnya?

  19. sama.. saya juga udah unduh Funtouch 1.10.21 (230 mb), setelah saya klik verivikasi dan pasang, notif nya malah bilang ngga bisa diverivikasi. udah 4 kali unduh 4 kali juga notif nya sama. mohon bantuannya kang. terimakasih

  20. mas kan saya pke vivo y51 kenapa y wktu memutar video awalnya terang lama ke lama an jd .redup,dulu sih engga kaya.y pengaturannya ada yg kepencet..?

  21. Kang,saya punya sdikit mslh nih,knpa ya pas cabut otg sllu ada peringatan”matikan dulu sistem otg sebelum otg di cabut,untuk mencegah khilangan data”pdhl sya gk prnah melanggar peraruran tsb? Kra” gmn ya?

    1. Coba shutter speed (s) dibuat serendah mungkin. Y21 hanya bisa sampai 1 detik. Saat memfoto, tangan jangan bergerak (pakai pegangan lebih baik).

      Iso buat 100. Kalau ada tanda merah, coba naikin Iso sedikit sedikit.

  22. Mas mau sekedar tanya ini saya baru js nyobain vivo y21 tapi tergangu afs di sudut kansn sebelah simbol jaringan huruf E Itu ads simbol alarm akrif padahsl tidak saya seet gmana cara hilanginya ? Terimakadih

  23. mas hp vivo Y21 camera depannya hasil gelap dan buram kalau make camera 360 saat di potret sih masih terang pas buka hasilnya dialbum kok gelap gitu gak seperti waktu di jepret. Terimakasih.

  24. Kirain udah tau tentang sepeaksifikasi hp tapi masih banyak yang ga tau . anda terlalu pede boss pengetahuan blum luas tapi sudah berani bikin blog dan menjelek jelekan produk orang.

    1. Mbak Anggie,
      Folder untuk aplikasi apa untuk file ya?
      Kalau untuk aplikasi, bisa di drag n drop aplikasi (tumpang tindih), nanti akan muncul sendiri pilihan membuat foldernya.

      kalau untuk new folder file, bisa masuk ke aplikasi file. Di sana buat nya.

      kalau lampu senter, saya kurang tahu, tapi, mungkin smart click nya dipilih untuk senter, terus tombol vilume bawahnya kepencet saat telpon.

  25. Mas kok VIVO Y21 saya ga mau ngebaca SD Card ya..
    SD Card saya Samsung EVO 32GB..
    Kira kira kenapa ya mas? Padahal VIVO Y21 kan slot tambahanya bisa up to 32

    Terimakasih..

    1. Kang Giffari,

      Maksudnya Micro SD ya? Karena SD card ukurannya besar (biasanya untuk kamera). Pertama, micro sd samsung evo 32 gb itu terbaca di ponsel lain? Kalau terbaca, berarti memang belum singkron dengan vivo y21-nya.

      Kalau sudah begitu bagaimana?
      Coba cek ke bagian storage (dibagian setting), apakah terbaca? Atau coba ke Aplikasi File, coba lihat bagian micro sd nya. Kalau memang terbaca, coba cek gambar, musik, dokumen atau file apapun yang ada pada micro sd.

      Bila ada gambar atau musik yang tidak terbaca pada aplikasi pembuka-nya (misal i music, atau galery), maka coba buka secara manual file-file tadi lewat aplikasi File Explorer bawaan tadi. Nanti akan ter-refresh sendiri.

      semoga membantu 🙂

  26. Saya mau nanya mas apakah memakai hape atau mengaktifkan data sambil ngecas itu dapat merusak baterai hp VIVO Y21.. Dan apakah ada aplikasi yang bisa mengoptimalkan baterai hape dengan sempurnah gitu.
    Terima kasih

    1. Kang Ahmad Ridwan,

      Rasanya nggak akan rusak. Cuma masa ngecas nya pasti lebih lama dan membuat hp jadi lebih hangat.

      Vivo sudah menyediakan nya kang di i manager nya. Silahkan di utak atik di sana 🙂

      Sama-sama

  27. Mas cara terangin layar kalo lagi nonton video di vivo y51 gimana ya?padahal brightness nya udah full tapi kalo muter video jadi redup sendiri

  28. Mas gimna ya cranya pakek mdl fto profesional… Waktu d konter d jlaskn bisa d pkek kyk lsr jadi hsilnya bgus kyk lsr.. Tp waktu d rumh lupa cranya… Mksih

  29. Mau nanya kang, kang tau gak cara buka aplikasi lain misalnya lagi bbm ni tapi kita sambil nonton youtube kang, tau gak kang, tapi gak pake aplikasi ya kang. makasih sebelumnya kang

  30. Bagaimana caranya mengembalikan papan ketik menjadi Qwerty atau normal kembali.? Karna papan ketik saya berubah 1 tombol 2 huruf.

    1. Maaf lambat menanggapi,

      Di papan ketik, coba klik gambar bola dunia. Di sana ada 3 pilihan PHONEPAD, FULL, dan T+. kalau ingin mengembalikan seperti dulu, pilih FULL.

      Begitu. Semoga membantu

  31. bang habis di update versi vivo y21 sya starting upnya kok lama ya.. udah 10 jam dilayar cuma ada logo vivo sama dibawah ada app starting up? mohon pencerahan, terimaksih bang

    1. Kang Joko Purnomo,

      Wah itu sih gagal. Matikan saja dulu. Kemarin saya sempat update lagi (lupa versi berapa), dan aman-aman saja. Setelah download, proses app starting up tidak sampai 20 menit.

  32. Kenapa di vivo y21 saya kalau merekam suara atau merekam video suaranya tidak keluar ke lousfeker tapi malah ke sepeker telepon?

  33. Kenapa di vivo y21 saya kalau merekam suara atau merekam video suaranya tidak keluar ke lousfeker tapi malah ke sepeker telepon? Tolong bantuannya

    1. Lampu led untuk senter ya?
      Waktu layar padam, tahan tombol volume sampai lampu nyala (ada di pengaturan gesture).

      Atau, swipe dari bawah ke atas untuk akses pengaturan cepat, pilih flash light.

      Kalau led notifikasi yang dimaksud, y21 nggak punya itu.

      Semoga membantu ya

  34. Bang Diki mau nanya ni,hp vivo y21 gakbisa dicharge,tapi muncul tulisan begini”pengisian daya tidak normal silahkan hubungi layanan purna jual” kira2 itu apa masalahnya dan gimana cara mengatasinya ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.